31 Dec 2021

15 Cara Untuk Menghemat Uang saat Renovasi Rumah

15 Cara Untuk Menghemat Uang saat Renovasi Rumah

Renovasi rumah diperlukan untuk menambah ruang tertentu atau melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. Tentu saja, rumah memiliki estimasi yang panjang. Itulah kenapa kita perlu menjaga dan merawatnya dengan baik. Hal yang dapat dilakukan untuk melakukan pemeliharaan rumah atau renovasi yaitu dengan mempersiapkan RAB.

Apa itu RAB? Yaitu Rencana Anggaran Biaya yang dapat digunakan dalam pembuatan atau renovasi rumah. Untuk merampingkan biaya renovasi, kami akan memberikan 15 cara menghemat uang dalam renovasi rumah. Simak uraian dibawah ini ya!

1. Membuat Piramida Prioritas

Membuat piramida prioritas menjadi langkah awal agar kantong anda tidak jebol. Pasalnya jika mengikuti keinginan dengan mengesampingkan kebutuhan, maka yang prioritas bisa jadi tidak terbeli. Oleh karena itu, gunakan piramida prioritas saat anda akan renovasi. Jangan mengikuti saran tukang secara mentah-mentah. Pertimbangkan dengan baik sesuai prioritas.

2. Renovasi Jangka Panjang

Gunakan bahan yang berkualitas jangka panjang 10-20 tahun agar hemat uang saat renovasi rumah.

3. Beli Bahan Material Second

Harga bahan material second atau bekas lebih murah, namun pastikan tetap berkualitas ya. Carilah di toko bangunan sekitar anda.

4. Berbelanja Saat Diskon

Agar lebih hemat uang saat renovasi, berbelanjalah saat toko bangunan sedang mengadakan diskon. Lumayankan? yang tadinya harus membayar sekian rupiah, namun karena diskon hanya membayar harga setelah diskon.

5. Jual Furniture Lama

Dengan menjual furnitur lama yang sudah tidak digunakan lagi dapat menambah uang guna melakukan renovasi rumah. Hasil penjualan dapat digunakan untuk membeli bahan material baru.

6. Membeli Bahan Bangunan sendiri

Hal ini perlu dilakukan agar mengetahui harga material yang sebenarnya serta menghindari mark-up jika dibelikan oleh orang lain.

7. Menggunakan Jasa Profesional

Jika menggunakan jasa abal-abal, mereka akan mengerjakan secara asal-asal. Dengan begitu, dapat terjadi penambahan pembelian material baru, sehingga terjadi pembengkakan biaya. Gunakan saja jasa profesional yang bekerja secara kompeten.

8. Menggunakan Perkakas dan Material Lama

Gunakan saja perkakas dan bahan material lama yang masih bisa digunakan. Pilih dengan cermat dan teliti. Jika sudah tidak dapat digunakan, sebaiknya dipisahkan agar tidak ikut digunakan.

9. Hindari Renovasi di Musim Hujan

Merenovasi rumah saat musim hujan sama dengan bohong. Pasalnya hujan akan menghambat proses pengerjaan dan menyita banyak waktu. Namun upah pekerja tetap berjalan.

10. Membuat Interior Rumah Secara Otodidak

Interior rumah dapat kamu buat secara otodidak atau dengan memanfaatkan tutorial yang disajikan pada youtube. Dari sana anda akan mendapatkan banyak video inspiratif.

11. Mengusung Tema Renovasi Minimalis

Tema minimalis dapat diusung saat anda melakukan renovasi. Selain menghemat uang, konsep ini juga terkesan lebih kekinian sesuai tren.

12. Memanfaatkan Alam Sekitar

Nah, ada loh kekayaan alam yang dapat kita manfaatkan agar menunjang renovasi rumah. Misalnya saja jika ingin menambahkan kesan tradisional, dapat memanfaatkan daun sagu sebagai atap, atau bambu sebagai tiang tambahan. Selain hemat uang, ruang yang anda renovasi menjadi unik dan berbeda dari yang lainnya.

13. Bayar Secara Tunai

Hindari pembelian bahan material secara kredit, karena akan dikenakan suku bunga yang cukup tinggi. Usahakan selalu melakukan pembayaran secara tunai.

14. Renovasi Bertahap

Renovasi tidak perlu dilakukan secara buru-buru, lakukan secara bertahap saja. Hal ini dapat dilakukan agar pengeluaran dapat diminimalisir, bahkan nantinya anda dapat lebih luwes memikirkan ide-ide renovasi kedepannya.

15. Bandingkan Harga Bahan Material di Tempat Lain

Saat berbelanja, usahakan tidak hanya di satu tempat saja agar anda dapat melakukan perbandingan harga. Usahakan pilih toko yang menjual dengan harga lebih terjangkau.

Demikian 15 cara menghemat uang saat renovasi rumah. Mulai detik ini jangan lagi berasumsi untuk mengeluarkan budget besar untuk renovasi rumah. Ikuti cara tersebut dan dapatkan manfaatnya!

Supaya rumah yang telah anda rawat dan bangun selalu aman, percayakan kebutuhan gembok kunci Anda kepada Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam jenis gembok seperti gembok kode, gembok pagar, gembok kuningan, gembok bulat anti maling dan lain sebagainya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK