23 Aug 2024

Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis

Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai handle pintu ini diberikan hanya sebagai bantuan. Cara pemasangan handle pintu memerlukan petunjuk dan cara yang tepat untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar petunjuk dan cara yang tepat bisa merusak pintu dan bahkan berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi. Hubungi kami sebagai distributor handle pintu untuk kebutuhan anda.

Sebelum membeli pintu rumah, sangat penting untuk memahami tips memilih pintu minimalis seperti memperhatikan desain dan fitur yang ada, terutama jika Anda ingin menciptakan tampilan hunian yang modern dan elegan. Meski terlihat sederhana, memilih pintu yang tepat memerlukan pertimbangan matang agar kesan minimalis tetap terjaga.

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti bahan, ukuran, dan warna pintu. Selain itu, harga juga sering menjadi faktor utama dalam memilih. Dengan mengikuti tips yang tepat, Anda bisa mendapatkan pintu minimalis yang sesuai dengan keinginan tanpa mengorbankan anggaran. Simak tips berikut untuk membuat pilihan yang tepat.

Tips Memilih Pintu Minimalis

Berikut beberapa tips memilih pintu yang bisa Anda praktekkan.

1. Mulai dengan Desain dan Material

Berbicara tentang desain, mungkin banyak yang terlihat sama. Namun, Anda harus tahu bahwa faktor pembedanya jelas ada. Sebagai contoh adalah handle pintu yang digunakan, model secara keseluruhan, ukuran, dan sebagainya. Sebaiknya memang Anda lebih detail dalam memilih desain seperti impian atau keinginan terbesar.

Kemudian, material atau bahan juga merupakan salah satu faktor terpenting dalam membeli. Tips memilih pintu rumah ini wajib dilakukan. Pilihlah bahan yang sesuai dengan kebutuhan karena beda material tentu fungsinya pun tidak sama. Beberapa contoh di pasaran sekarang adalah kayu, fiberglass, PCV, dan lainnya.

Kayu sudah tentu akan menampilkan kesan lebih elegan. Di lain sisi, fiberglass dianggap lebih tahan lama serta kuat. Namun, keduanya juga memang dijual serta memiliki jumlah harga yang terbanderol lebih tinggi. Apabila menginginkan produk lebih terjangkau, maka pintu dari material PVC adalah opsi lain untuk digunakan. Tampilannya pun sudah cantik.

Semua tergantung fokus anda. Jika ketahanan atau daya tahan adalah keinginannya, maka pilihlah bahan fiberglass. Di lain sisi, apabila lebih ingin memunculkan kesan elegan plus klasik, gunakan saja bahan kayu. Ini merupakan salah satu tips memilih pintu rumah paling mudah guna menampilkan kesan minimalis. 

2. Motif dan Warna sangat penting

Tampilan luar memang selalu menjadi kesan pertama. Oleh karena itu, selalu pertimbangkan mengenai warna yang akan diaplikasikan. Bagaimana kunci untuk memilih produk terbaik serta tepat? Rahasianya adalah selalu selaraskan dengan keseluruhan konsep warna rumah anda. Tidak harus sama, memilih aksen gradasi pun bisa dilakukan.

Namun tenang saja. Kini sudah tersedia banyak sekali pilihan di pasaran, baik itu pilihan yang ada di online maupun pilihan yang ada di toko konvensional. Intinya, mempunyai aksen dan motif yang tepat, ini bisa menambah nilai estetika hunian anda. Tips memilih pintu rumah selanjutnya adalah berdasarkan ukuran. Tidak semua ukuran cocok digunakan berdasarkan beberapa hal. 

Semua tergantung pada di mana Anda akan meletakkan pintu dan seberapa besar ukuran rumah. Apabila akan digunakan di jalan masuk utama, maka ukuran yang lebih besar direkomendasikan. Sebaliknya, untuk halaman belakang biasanya menggunakan ukuran kecil sehingga bangunan akan terlihat lebih proporsional. Lain halnya untuk garasi.

Apabila memang digunakan guna garasi, tips memilih pintu rumah paling benar adalah dengan ukuran yang cukup besar. Langkah pintar ini akan membuat berbagai kendaraan pribadi pun bisa masuk dengan mudah serta nyaman. Sebagai contoh adalah sepeda motor maupun mobil. Ukur terlebih dulu kendaraan tersebut agar lebih mudah.

3. Sesuaikan dengan Fitur yang Ada

Tahukah Anda bahwa sebuah pintu memiliki fungsi lain dibandingkan hanya sebagai akses keluar masuk? Fungsi tersebut adalah sebagai unit untuk mengamankan hunian Anda. Artinya, sangat penting untuk mempertimbangkan fitur apa yang dibawa. Ini sangat berkaitan dengan sistem keamanan yang dimiliki oleh unit tersebut.

Biasanya, tips memilih pintu rumah minimalis yang aman adalah dengan menggunakan kuncian tambahan. Ini berlaku untuk model konvensional. Namun, kini banyak juga yang tertarik menggunakan smart door. Unit ini menawarkan sistem keamanan canggih. Sebagai contoh adalah kuncian yang terhubung langsung dengan gadget.

Sambungan tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan sinyal internet atau wifi. Anda dimungkinkan untuk melakukan control dari jarak jauh secara mudah serta cepat. Sebagai contoh adalah mengunci serta membuka pintu. Semuanya langsung terhubung di smartphone, tablet, laptop, dan lain sebagainya dengan koneksi internet memadai. Untuk keamanan tambahan, Anda juga dapat menggunakan kunci pintu. Simak artikel berjudul Rekomendasi 10 Merk Kunci Pintu Terbaik untuk Rumah Aman dan Anti Maling

4. Pertimbangkan Energi Efisiensi

Saat memilih pintu rumah, energi efisiensi merupakan aspek penting, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan cuaca ekstrem. Pintu yang terisolasi dengan baik dapat membantu menjaga suhu di dalam rumah tetap stabil, mengurangi penggunaan energi untuk pemanasan atau pendinginan, serta menghemat biaya listrik. Pilihlah pintu dengan material yang memiliki lapisan insulasi atau kaca berlapis ganda untuk memaksimalkan efisiensi energi.

5. Perhatikan Ketahanan Terhadap Cuaca

Jika pintu rumah Anda akan terkena paparan cuaca ekstrem, seperti hujan deras atau sinar matahari yang kuat, penting untuk memilih pintu yang tahan terhadap cuaca. Beberapa material seperti fiberglass atau baja tahan karat menawarkan ketahanan yang baik terhadap elemen-elemen ini. Selain itu, pintu dengan perlindungan tambahan seperti cat tahan UV atau pelapisan anti karat akan memastikan pintu tetap tampak baik dan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

6. Pilih Pintu yang Mudah Dirawat

Memilih pintu yang mudah dirawat dapat menghemat waktu dan biaya dalam jangka panjang. Misalnya, pintu dengan permukaan yang mudah dibersihkan atau bahan yang tidak memerlukan pengecatan ulang secara rutin adalah pilihan yang bijak. Selain itu, beberapa pintu modern hadir dengan fitur anti gores atau anti noda yang menjaga pintu tetap terlihat baru lebih lama tanpa banyak perawatan.

7. Pertimbangkan Estetika Secara Keseluruhan

Estetika pintu sangat penting karena pintu depan adalah salah satu elemen pertama yang dilihat tamu saat mereka mengunjungi rumah Anda. Pintu yang selaras dengan arsitektur dan desain interior rumah akan menambah nilai estetika rumah secara keseluruhan. Selain mempertimbangkan desain, warna, dan bahan, pastikan pintu yang Anda pilih sesuai dengan gaya arsitektur rumah, apakah itu modern, klasik, atau kontemporer.

Apapun itu, kembali lagi bahwa semua harus disesuaikan dengan anggaran. Beberapa unit mungkin terlihat mahal, namun biasanya sebanding dengan kualitasnya. Di lain sisi, banyak juga hadir dengan harga terjangkau. Asalkan sesuai budget serta anggaran, tips memilih pintu rumah tersebut diatas bisa dipraktekkan dengan tepat guna.

Di Mana Anda Bisa Mendapatkan Handle Pintu Berkualitas?

Jika anda sudah menentukan tipe pintu rumah yang anda inginkan, jangan lupa untuk memilih handle yang tepat untuk pintu rumah anda. Vinindo Corporation merupakan distributor handle pintu dengan berbagai model dan bentuk. Silahkan cek katalog handle pintu kami. Saat ini, kami mencari reseller untuk menjual handle pintu kami. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lengkap.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK